Tuesday, September 11, 2018

Mengenal Injeksi, Peran Dan Fungsi Injeksi Pada Sepeda Motor

Teknologi Injeksi Untuk Motor Masa Kini





Di zaman sekarang, kebanyakan kendaraan roda dua yang berlalu-lalan di jalan sudah menggunakan teknologi yang jauh lebih maju dari masa lalu. Sebut saja kehadiran ECU atau singkatan dari elektronik controlling unit. Selain itu, sudah dilengkapi dengan pompa bahan bakar atau Fuel Pump. Yang paling mudah dilihat perbedaan motor di masa lalu dan motor kekinian adalah kehadiran suku cadang yang disebut dengan nama Injeksi sebagai pengganti suku cadang karburator.

Injeksi Injektor https://www.daengnungtung.com/
Ilustrasi

Lalu apa sebenarnya Injeksi dan apa peranan atau fungsinya pada sepeda motor kita? Apakah Injeksi sama dengan karburator yang biasa dijumpai pada sepeda motor tahun dua ribuan kebawah? Untuk menjawab dan sedikit pembelajaran ringan terkait apa itu injeksi, peranan atau fungsinya di kendaraan kita.

Tulisan ini saya buat berdasarkan informasi dari beberapa sumber dan pengalaman pribadi di bengkel.


Dewasa ini walau anda biker yang mengendarai motor dengan teknologi Injeksi sekalipun masih banyak di antara kita yang tidak begitu paham beberapa suku cadang di kendaraan yang kita tunggangi sehari-sehari tersebut. Sebut saja, apa itu Injeksi, peran atau fungsinya di motor kesayangan kita.

Hal itu sah-sah saja adanya, bagaimana tidak? Teknologi Injeksi adalah teknologi yang baru diterapkan di motor keluaran tahun dua ribuan ke atas secara umum. Sebelum itu, kebanyakan kendaraan roda dua atau sepeda motor menggunakan system pembakaran yang di kenal dengan karburator. Hanya sepeda motor dengan tipe dan kelas tertentu saja yang sudah menerapkan teknologi Injeksi di masa itu.

Pada dasarnya Injeksi memiliki fungsi yang sangat identik dengan pilot jet dan main jet di karburator, dimana fungsi utamanya tidak lain adalah sebagai alat pembuat kabut bahan bakar. Tugasnya yaitu merubah partikel cair bahan bakar menjadi kabut dan menyemburkan kabut bahan bakar tersebut ke ruang bakar untuk proses pembakaran mesin sepeda motor.

Haruskan mengganti Injeksi dengan lubang semburan lebih besar demi mendongkrak performa kendaraan, dalam hal ini sepeda motor? Atau ada cara lain yang jauh lebih efisien?

Akan tetapi alat ini tidak dapat bekerja secara mandiri atau independen sama seperti karburator. Dibutuhkan bantuan sensor dan ECU untuk memberikan perintah seberapa banyak bahan bakar yang akan dikabutkan dan disemburkan. Selain itu, kehadiran pompa bahan bakar juga sangat berperan sebab bahan bakar hanya akan dapat dikabutkan yang kemudian disemburkan secara maksimal ke ruang bakar jika memiliki aliran bertekanan. Hal inilah menyebabkan injeksi tidak dapat mandiri secara maksimal.


Fungsi Injeksi Pada Sepeda Motor



Secara sederhana, Injeksi berfungsi untuk menyemburkan atau menyemprotkan kabut bahan bakar kedalam ruang pembakaran mesin. Di mana Injeksi juga berperan untuk mengubah partikel bahan bakar menjadi kabut, fungsi ini sering dijumpai pada bagian ujung depan dari Injeksi. Tepatnya lubang kecil pada injeksi itu sendiri.

Injeksi Pada Sepeda Motor Matic  https://www.daengnungtung.com/
Injeksi Pada Sepeda Motor Matic


Tujuan proses perubahan partikel cair bahan bakar menjadi kabut sangat sederhana yaitu untuk memudahkan proses pembakaran. Bahan bakar yang telah menjadi kabut jauh lebih mudah terbakar dengan sempurna di dalam ruang pembakaran daripada bahan bakar dengan sifat partikel yang masih cair.

Injeksi memiliki kapasitas semburan tiap satuan menit yang berbeda-beda pada setiap tipe sepeda motor. Hal itu tergantung merek dari sepeda motor dan tipe sepeda motor itu sendiri, jadi Injeksi pada sepeda motor metik tentu akan berbeda dengan Injeksi yang dipakai oleh sepeda motor sport apalagi dengan merek kendaraan yang berbeda.

Perlu dipahami kembali. Injeksi adalah suku cadang yang tidak dapat bekerja secara mandiri sepenuhnya. Artinya, Injeksi hanya akan bekerja secara maksimal jika ada suku cadang pendukung lain yang menopangnya. Sebut saja pompa bahan bakar, atau lebih dikenal dengan Fuel Pump. Suku cadang yang disebut sebagai Fuel Pump akan menyalurkan bahan bakar dengan tekanan tinggi menuju Injeksi yang selanjutnya akan dirubah menjadi kabut dan disemburkan ke ruang bakar dalam bentuk partikel yang berbeda, yaitu kabut bahan bakar.

Selain itu, untuk memicu Injeksi. Diperlukan sensor di dalam mesin untuk membaca kebutuhan bahan bakar, sinyal ini akan di olah oleh suku cadang bernama ECU yang selanjutnya memerintahkan Injeksi membuat kabut bahan bakar yang kemudian menyemburkan kabut tersebut ke ruang bakar.

Seberapa banyak kabut bahan bakar yang diproduksi kemudian disemburkan ke dalam ruang bakar semua itu tergantung seberapa lama ECU mengirim arus ke Injeksi. Semakin lama ECU mengirim arus ke suku cadang atau part Injeksi maka akan semakin banyak kabut bahan bakar yang dihasilkan kemudian disemburkan ke dalam ruang bakar mesin sepeda motor.

Pertanyaan Yang Sering Dijumpai Di Bengkel





Oleh sebab itu, bagi rekan sekalian yang ingin kendaraan atau sepeda motor tunggangannya lebih enteng dalam beradu kecepatan. Maka penggantian ECU standar menjadi ECU sport sudah menjadi keharusan tersendiri. Tujuannya tidak lain untuk memudahkan kita menyetel ECU tersebut dan mengatur waktu aliran arus ke Injeksi.

Apakah injeksi juga harus diganti? Untuk keperluan balap professional yang sudah melewati batas kecepatan standar. Jawaban saya, ya wajib. Namun jika hanya untuk keperluan harian saja. Menyetel ECU sudah lebih dari cukup.

Apakah mengganti Injeksi dengan lubang Injeksi yang lebih besar akan mempengaruhi kecepatan? Pertanyaan ini sangat sering saya dengar di bengkel. Kenyataannya tidak begitu berpengaruh, namun penyetelan ECU yang tepat akan jauh lebih baik daripada penggantian Injeksi dengan Injeksi berlubang lebih besar.

Ingat kembali pemahaman awal kita. Yang mengatur suku cadang yang bernama injeksi ini, seberapa banyak menyemburkan kabut bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin sepeda motor kita adalah ECU. Untuk itu penggantian ECU standar menjadi ECU sport atau biasa di kalangan bengkel disebut sebagai ECU Racing akan jauh lebih baik mendongkrak performa sepeda motor kita dari pada harus mengganti suku cadang Injeksi dengan lubang nossle yang lebih besar.

Soal harga, semua itu kembali kefalsafah awal. Di mana ada harga di situ ada barang. Jangan berharap kualitas yang memuaskan dengan harga murahan, hal ini sudah menjadi rahasia bengkel.

Bagi rekan sekalian yang ingin mengganti ECU standar dengan ECU sport racing atau menyetel ECU standar motornya menjadi lebih power full dapat langsung ke bengkel kami. Dengan senang hati kami akan melayani anda.

No comments:
Write komentar

The Most Popular This Week

Hubungi Saya Langsung